Salah…???

Pernahkah kita melakukan salah??? Sebagai manusia biasa tentunya kita tidak terlepas dari yang namanya dosa. Entah berapa jumlah dosa yang kita lakukan setiap harinya, mungkin juga tidak terhitung. Setidaknya kita sudah berusaha untuk mengurangi atau meminimalisir dosa tersebut. Salah itu merupakan hal yang biasa, tetapi untuk melakukan kesalahan itu sebenernya tidak perlu dilakukan walaupu terpaksa.

Seberapa seringkah kita mengaku salah dibandingkan dengan menyalahkan orang lain??? munkin jawabannya adalah kita lebih sering menyalahkan orang lain, karena untuk mengakui sebuah kesalahan itu bukannlah hal yang cukup mudah. Kebanyakan dari kita hanya mencari kambing hitam agar terhindar dari kesalahan tersebut. Mengaku salah dan tidak mengulanginya kembali untuk dijadikan sebagai pelajaran berharga dalam hidup. Perbuatan salah itu sebenernya adalah sebuah teguran bagi kita agar lebih cermat dan berhati-hati dalam melakukan sebuah perbuatan. Mengakui sebuah kesalahan bukan berarti kita kalah tetapi itu merupakan suatu proses untuk membuat diri kita lebih kuat dari sebelumnya. Tetapi mengakui kesalahan untuk kesalahan yang sama, itu merupakan suatu kebodohan kita semata yang tidak bisa mengendalikan diri.

Lain halnya dengan menyalahkan orang lain, orang seperti ini sebenarnya adalah orang yang takut menghadapi sebuah kenyataan. Dia hanya bisa menyalahkan orang lain agar dirinya terhindar dari sebuah masalah yang sebenarnya dia buat sendiri. Menegur orang lain demi untuk meminimalisir suatu kesalahan itu merupakan hal yang baek, tetapi bila kita sebagai penegur dan kita sendiri melakukan kesalahan terseebut berulang ulang yang ada mungkin kita akan dibalas tegur oleh orang yang sebelumnya kita tegur. Menyalahkan orang lain adalah sebuah perbuatan pengecut. Hal yang sebaiknya kita lakukan adalah selalu menginterospeksi diri kita masing-masing untuk memperoleh sebuah kemajuan bagi diri kita sendiri. Introspeksi dan introspeksi dan juga merenungkan sebuah kesalahan yang pernah kita lakukan adalah hal yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Iklan

8 Komentar »

  1. gempur Said:

    saya sering banget berbuat salah, dan kalo salah ya kudu minta maaf, gak peduli saya guru sampean murid, kalo saya salah ya saya minta maaf ya.. πŸ˜€

  2. gii3 Said:

    gi3: Ciip… , sama-sama saya juga minta maaf pak!!! πŸ™‚

  3. ndop Said:

    saya kalo minta maaf nunggu lebaran dolo… wakaka… πŸ‘Ώ

    untungnya Tuhan maha pengampun.. yg tdk untung itu manusia, apakah manusia gampang mengampuni? itu yg jadi masalah.

  4. Shei Said:

    Kalo saia salah sih..
    Paling pura-pura ndak salah,
    Terus baru tersadar kalau tindakan “Pura-Pura Ndak Salah” Itu salah,
    Baru deh minta maaf..
    Padahal sebenernya gengsi…
    huhuhu..
    Tapi yah, sebagai manusia yang beradab, insyaALLAH saia akan tetap meminta maaf…
    Tapi ya itu..
    Tunggu aja saat yang tepat.
    *Baca: Lebaran*
    Sekalian ditempelin ‘sesuatu’ biasanya..
    Ckakakaka..
    πŸ˜€

  5. djagung Said:

    salah ya… wah nyindir aku dunk gie… aku banyak salah sama kamu nih… hehe maapin ye… aku cuma bisa inget salah orang lain daripada inget kesalahan sendiri.
    seharusnya tiap manusia punya catetan kecil tentang daftar salah yang dikalungin ke leher gitu. jadi pas kita gak sadar nglakuin salah, orang lain bisa langsung nulis di daftar itu… hahaha…..

  6. Saya mengaku salah tapi dalam hati….

    Sulit kalo ngomong ke orang kalo kita yang salah…hehehhe…

  7. Huh, benernya susah juga mengakui sebuah kesalahan. Malah kadangkala, kita sendiri nggak merasa kalau apa yang kita lakukan itu salah dan malah mengatakan apa yang orang lain lakukan itu salah walaupun sebenarnya hal itu adalah benar. Seperti aku ini, untuk masalah dengan cewek, susah banget membedakan mana yang benar dan mana yang salah………..What is LOVE actually??

  8. auliaziz Said:

    salah….. waduh, saya banyak salah nih……. SEMUA!!! MAAP YAK!!!!!!!

    salam kenal…..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: